MODEL
SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS
LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Ida Bagus Ari Arjaya
Universitas Mahasaraswati Denpasar
E-mail: ariarjayaunmas@gmail.com
Abstrak
Tujuan
dari penulisan artikel ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) mengetahui
karakteristik dari Model Pembelajaran Self
Directed Learning (SDL) dalam pembelajaran Biologi, 2) mengetahui pengaruh
integrasi lingkungan dalam Model SDL sebagai sumber dan media pembelajaran
biologi.
Pendidikan
merupakan aspek penggerak suatu negara untuk berkembang dalam era globalisasi.
Era globalisasi tersebut mengharuskan setiap individu khususnya pebelajar untuk
“melek sains” (literasi sains)
sehingga dapat bersaing secara kompetitif dengan bangsa-bangsa lain. Umumnya
guru-guru baik di jenjang sekolah dasar maupun menengah sudah teradaptasi
dengan metode dan model pembelajaran klasikal yang tidak mendukung literasi
sains siswa. Dengan demikian, salah satu upaya perbaikan mutu pendidikan di
Indonesia adalah dengan implementasi model-model pembelajaran inovatif dalam
mata pelajaran sains yang mendukung authentic
assessment, sehingga dapat mengakses berbagai aspek belajar siswa baik dari
dimensi proses maupun produk. SDL merupakan salah satu model pembelajaran
inovatif berlandaskan paham konstruktivistik yang berpusat pada aktivitas siswa
(student centered) dalam proses
pembelajaran. Aktivitas SDL yang terpusat pada kegiatan mandiri berorientasi
pada planning, monitoring, dan evaluating, sangat
cocok untuk diintegrasikan dengan pembelajaran sains khususnya biologi di
sekolah. Lingkungan merupakan integral dari proses pembelajaran biologi di
sekolah. Implementasi model SDL yang teintegrasi dengan lingkungan sebagai
media dan sumber belajar akan memberikan pengalaman yang bermakna (meaningfull learning) dan mengembangkan
karakter (character building),
kemandirian, motivasi, self confident,
kreativitas, daya analisis, kinerja ilmiah, serta kemampuan berpikir kritis
siswa yang nantinya secara sinergis akan meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci:
Self Directed Learning, lingkungan, pembelajaran biologi
Abstract
The purposes of this article were 1) finding the
characteristic of Self Directed Learning (SDL) Model in biology learning, 2)
finding the effect of environment integration in SDL model as a resource and a media
for biology learning.
Education is a driving aspect for
developing countries in globalization era. It requires every individual - learner
who had scientific literacy. Hence, it can compete competitively with other
nations. Generally, teachers in both primary and secondary level are adapted to
use classical methods and learning models that seem not to support student
scientific literacy. One of the effort to improve education quality in
Indonesia is the implementation of innovative learning models in science
subject which support authentic assessment. It can access various aspects of
student learning such
as the dimensions of process and product. SDL is one of the innovative learning
model based on constructivism which focuses on student activities in learning
process. SDL activities that are focused on “self” activities which oriented at
planning, monitoring, and evaluating are suitable to be integrated with science
learning in schools, in this case, biology. Environment is the integral of the biology
learning process in school. The implementation of the SDL model that is integrated
with environment can be media and learning resources. It will provide a
meaningful experience and develop character, self-efficacy, motivation,
self-confident, creative, analysis, performance, and student critical thinking
skills that will be synergistic for the sake of improving student learning
outcomes.
Key words: Self Directed Learning, environment, biology learning
DOWNLOAD DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar